Friday, February 16, 2007

PISANG IJO


Pisang Ijo dari Makasar ini makannya pakai es serut ama syrop merah (lho di photo kok kelihatan mueeerah banget yoo syrope..hik hik), orang makasar biasa bilang es pisang ijo. Pikir-pikir aku kok males buat nyerut-menyerut esnya, lha kalo pake snow (es alami) yang banyak sekali booow..... nongkrong di halaman rumah … kayaknya nggak lucu…(opo toh iki)….ya udahlah nggak usah pakai es serut, masukin lemari es aja udah enak kok langsung dimakan…(dasar malessss…masih bela diri…kekekek).


BAHAN :
40 gram tepung beras
1/2 sendok teh garam
300 ml air
100 ml air daun suji
3 tetes pewarna hijau
175 gram tepung beras
5 buah pisang raja yang tua, dipotong 2
es serut sirup merah untuk menyajikan
BAHAN SAUS:
650 ml santan dari 1 butir kelapa
50 gram tepung terigu
75 gram gula pasir
1 lembar daun pandan
1/4 sendok teh garam

CARA MEMBUAT:
Aduk tepung beras, garam, air, air daun suji, pewarna hijau lalu rebus sambil diaduk sampai mendidih. Angkat. Tambahkan tepung beras, aduk rata lalu masak lagi sampai kalis. Tipiskan adonan, balutkan pada pisang hingga tertutup.
Kukus pisang selama 20 menit. Angkat dan sisihkan.
Rebus bahan saus sampai mendidih, angkat lalu dinginkan.
Potong-potong pisang hijau, tuangkan saus, es serut, dan sirup merah

Untuk 5 porsi

Labels: