Tuesday, March 20, 2007

CHIANG MAI NOODLE SOUP

Sop bakmi yang berasal dari Chiang Mai Thailand ini rasanya hampir mirip dengan masakan Malaysia yang bernama laksa (Malaysian Laksa). Kalo beli aslinya, mie telurnya itu mereka bikin bulat-bulat, kayak konde rambut nenek jaman dulu,jadi kayaknya sih habis di rebus, dibuletin, dikeringin lagi baru disiram kuahnya. Berhubung yang makan cuma kami berdua dirumah, dan kayaknya nggak ada waktu buat mbuletin itu bakmi…ya langsung aja mie nya aku campur ke bumbunya, yang penting rasanya sama.

Bahan :
2 mie instant, direbus, tiriskan (aslinya sih pake mie telur segar, berhubung gak ada, mie instant oke oke aja lah)
1 cup santan
2 sdm thai curry pasta
1 sdt kunyit
1 dada ayam dipotong kotak-kotak (karena lagi nggak ada ayam, aku ganti dengan 3 sosis sapi & 3 daging giling padat siap pakai), iris-iris.
1 cup kaldu ayam/ chicken broth
2 sdm oyster sauce
1 sdm soy sauce/ kecap asin
garam dan merica secukupnya
2 batang daun bawang, iris tipis serong
4 cabe merah iris halus
4 bawang putih, geprek, haluskan
4 sdm bawang Bombay iris

Cara Membuat :
Tumis bawang putih, bawang bombay, setelah harum masukkan cabe merah, sosis sapi dan daging giling iris, aduk, tambahkan santan, kaldu ayam, beri thai curry pasta, kunyit, oyster sauce, soy sauce / kecap asin, garam, merica, aduk lagi sampai santan mendidih. Masukkan mie dan daun bawang iris, angkat. Sajikan.

Labels: