Friday, March 30, 2007

KUE TART PERTAMAKU

Ini adalah Kue Tart Pertama yang aku bikin, selama ini aku belum pernah ngrasain bagaimana bikin Kue Tart dengan ukuran loyang, bulan lalu aku nyoba bikin Butter Cream untuk 2 buah shortcake (cake seukuran tutup mug/cup) dan bikin Fondant untuk 3 buah cup cake.
Setelah banyak temen-temen cerita kalo Japanese Cheese Cake itu enak, akhirnya hari ini aku nyobain bikin JCC (dari resep dapurnya Rita). Emang bener enak, nggak salah kalo Dotsi nya Rita, Bianca nya Mbak Lesca dan Safa nya Mbak Anisa sangat suka ama JCC.
Setelah JCC udah jadi, kok jadi kepingin menghias juga seperti temen-temen yang lain, mereka pada pinter-pinter bikin tart. Akhirnya untuk hiasannya aku ngelihat dapurnya Rita lagi …., abis itu balik ke dapur sendiri dan coba praktek dengan kemampuan seadanya.
Untuk membuat Fondant & BC nya aku juga pake resepnya Rita, Jadi keseluruhan Kue Tart pertamaku ini idenya dari dapur Rita (thanks ya rit…).


Kue Tart (JCC), langsung kami santap, dan emang enak... inilah untungnya bermain blog, aku bisa belajar banyak tentang masakan dan akhirnya berani nyoba ke kue tart juga, padahal dulu .....nama bumbu aja aku nggak tahu.

Kue Tart ku sudah selesai dan siap disajikan, walaupun belum sempurna... tapi aku seneng, akhirnya aku selesai mengerjakan untuk kue tart pertamaku

Tampak dekat, Kue Tart selesai aku tambahin hiasan rose yang aku bikin dari butter cream dan sedikit tambahan daun dari butter cream

Tart selesai aku hias dengan fondant dan sedikit butter cream, tapi ternyata butter creamku masih sisa, maka selanjutnya tart ini mau aku tambahin dengan...........rose dan daun dari buttercream, ceritanya sekalian percobaan, berharap aku bisa mengerjakannya....

Resep Japanese Cheese Cake (dari dapurnya Rita)

Campur dan ayak
- 50 g tepung terigu
- 50 g tepung maizena
Bahan :
- 60 g mentega tawar
- 250 g cream cheese, suhu ruangan
- 120 ml whip cream
- 3 kuning telur
- 1 butir telur
- 2 sdt kelit jeruk lemon parut
- 5 putih telur
- 1/8 garam
- 125 g gula pasir halus
- 1 sdt air jeruk lemonTopping- 2 sdm selai apricot
- 2 sdm air

Cara membuat :
Siapkan loyang bulat, alasi kertas roti, olesi mentega. Pasang oven 150º C.
Campur mentega, cream cheese dan whip cream dalam wadah. Didihkan dengan api kecil, aduk hingga lembut, angkat dari api.
Masukan campuran tepung, aduk rata.
Masukan kuning telur dan 1 butir telur, aduk rata. Masukan kulit jeruk lemon, aduk rata, sisihkan.
Kocok putih telur hingga bebusa, masukan gula dan air jeruk lemon sedikit demi sedikit lalu tambahkan garam sambil terus di kocok sampai terbentuk kerucut2 tumpul (soft peak).
Tuang 1/3 adonan putih telur ke adonan creamcheese, aduk rata. Tuangkan campuran ini ke sisa adonan putih telur, aduk rata. Tuang adonan ke dalam loyang, panggang dengan cara au bain marie selama kurleb 75 menit sampe permukaan matang, kuning keemasan. Keluarkan dari oven.
Setelah benar2 dingin, lepaskan cake dari loyang. Panaskan selai apricot dan air, oleskan ke permukaan cheesecake.

Catatan : Maksud panggang dengan cara au bain marie adalah teknik memanggang dengan air. Tujuannya agar cake matang dengan keadaan lembab dengan tekstur yang lembut

Untuk Resep Fondant Marshmallow lihat postingan sebelumnya, untuk Butter Cream dengan mencampurkan 150 gr shortening, 150 gr butter,1/4 kaleng susu kental dan gula halus (aku lupa ukurannya berapa cup, cuma untuk nambah rasa manis)

Labels: