Monday, March 26, 2007

ROTI TAWAR MANIS

Roti tawar manis siap dinikmati

Roti tawar manis setelah keluar dari oven


Adonan roti tawar manis siap masuk ke oven
Sebelumnya aku nggak pernah terlintas mau bikin roti tawar sendiri, beli aja banyak, nggak perlu repot-repot, tapi karena beberapa hari yang lalu nggak sengaja pas maen ke mertua, aku dikasih 2 buah buku tentang cara membuat roti sekalian bread flour nya. Akhirnya nyoba deh untuk pertama kalinya bikin roti tawar sendiri, walaupun nggak punya bread maker, tetep aja bikin….*pe de.com* (wah…jadi inget ama roti tawarnya Mike temennya Hany yang menggunakan bread maker, hasilnya bagus banget, mlentung dan warna hasil panggangan ok).
Untuk resep aslinya sih roti tawarnya nggak manis, berhubung aku pengen roti tawar pertamaku terasa manis, jadi aku tambahin gula, jadilah roti tawar manis, hasilnya enak, beda dibanding beli jadi, walaupun warna hasil panggangan belum sempurna bener, tapi rasanya seperti Italian bread, suamiku bilang…”good (sambil nggak lupa jempol tangannya diacungin), this bread is crunchy on the outside but soft inside and taste better than store bought bread” (ono-ono wae, bener kata mbak Lesca, berhubung suami jadi selalu ngomong enak).

Bahan :
3 ¼ cup bread flour
1 sdm dry yeast
¼ cup air hangat
¾ cup milk atau buttermilk
1 sdm gula pasir (aku gula pasirnya ½ cup)
1 sdt garam
1 butir telur
1/3 cup butter, margarine atau shortening
baking powder (optional), nggak pake juga nggak apa-apa

Cara Membuat :
Campur dry yeast dengan air hangat, diamkan 5 menit, setelah itu diaduk sehingga menjadi larutan yeast.
Campur bread flour, garam, gula pasir dan baking powder, lubangi bagian tengah, masukkan telur kocok, larutan yeast, susu cair, butter, uleni hingga kalis (bisa pake mixer dough)
Bikin adonan seperti bola oval, letakkan dalam wadah, tutup dengan serbet/kain bersih, letakkan ditempat hangat, diamkan selama 1 jam.
Setelah adonan mengembang menjadi 2 kali lipat, tekan adonan kebawah pada bagian tengah. Diamkan lagi selama 10 menit.
Kemudian adonan digulung dan tempatkan pada loyang segiempat (loaf), tutup lagi dengan serbet/kain bersih selama 30-40 menit, sehingga adonan mengembang menjadi 2 kali lipat.
Oven selama 25-30 menit dengan suhu 375 F. Angkat, Sajikan.

Untuk : 1 loaf


Labels: