Thursday, May 3, 2007

BLACK FOREST SEDERHANA

Sebenarnya nggak ada rencana sama sekali bikin cake ini, tapi karena ngelihat heavy cream di lemari es udah hampir berakhir masa berlakunya/expired, jadi terpaksa aku bikin deh jadi black forest sederhana, disebut sederhana karena bahan yang dipakai cuma seadanya yang ada didapur, akhirnya jalan dulu ke blognya Melani, lihat sebentar, lalu dengan sedikit modifikasi resep, karena ada beberapa bahan yang aku nggak punya, jadilah black forest sederhana. Walaupun sederhana tapi rasanya wuenak boow, thanks yo Mel. Kalo liat photonya jadi geli, inget waktu abis baking, aku belum sempet isi filling dan tutup ama whipped cream, udah dicicip ama suamiku, dia bilang good…good…ya udah deh jadi aku nggak punya photo black forest sederhana yang utuh, soalnya udah keburu diicip sebelum dihias. Makanya aku menghiasnya ngebut, asal jadi, yang penting heavy creamnya abis, untung masih ada sedikit cherry ama coklat di lemari es …ya lumayanlah dipakai buat pemanis….setelah selesai langsung disantap berdua






Black Forest Sederhana tampak dekat

Bahan cake :
5 butir telur (aku pake 6 butir telur)
150 gr gula pasir
1 sdt ovalet (aku ganti Baking Powder, karena nggak punya ovalet)
¼ sdt vanilli
75 gr butter, dilelehkan
125 gr tepung terigu
25 gr coklat bubuk

Filling :
1 kaleng cherry merah/hitam (aku nggak pake, karena cherry yang ada di lemari es cuma sedikit, tak pake buat hiasan aja)
1 pak tortenguss bening/merah (aku nggak pake juga, karena nggak punya)
2 sdm gula pasir
250 ml air (aku pake sisa air cherry seadanya )
1 sdm rhum extract

Toping :
500 ml whipped cream (aku pake persediaan heavy cream yang ada, dicampur dengan gula halus, kocok hingga kental)

Cara Membuat cake :
Campur tepung terigu, coklat bubuk dan baking powder, sisihkan
Kocok telur, gula, vanilli hingga mengembang dan berubah warna
Masukkan campuran tepung terigu tadi dengan cara diayak sambil adonan diaduk hingga rata. Masukkan mentega cair. Aduk kembali.
Tuang adonan dalam loyang, panggang selama 30 menit dengan suhu 375F.
Setelah dingin keluarkan cake dari loyang, belah membujur jadi 2 atau 3 bagian. Tuang filling dan ratakan diatas potongan cake yang satu dan tumpuk kembali dengan cake yang lain, lalu dihias dengan whipped cream, coklat dan cherry. Sajikan.

Untuk fillingnya :
Masak air cherry dengan 2 sdm gula pasir, tambahkan tortenguss. Aduk sampai kental dan meletup-letup, baru masukkan cherry. Aduk kembali kira-kira 1 menit supaya buah tercampur.
Aku fillingnya nggak selengkap diatas, karena hanya punya bahan seadanya…hanya air cherry campur gula dan rhum.

Labels: