Tuesday, May 1, 2007

CAKWE

Hari ini pengen banget makan Cakwe, inget kalo pas liburan ke Semarang, biasanya aku beli di daerah Gang Baru, tempat mangkalnya makanan-makanan Tionghua yang enak-enak. Akhirnya cari resep, dapat dari Tabloid Nova, cakwe ala Rudy, tapi sayangnya Rudy pake amoniak bubuk, karena nggak pernah lihat amoniak bubuk, aku ganti dengan yeast, juga untuk bumbu lainnya aku modifikasi sendiri, dan akhirnya jadilah si Cakwe , walaupun cakwenya nggak sebagus kalo beli di Semarang, mungkin karena mereka pakai Amoniak bubuk, sedangkan aku hanya memakai yeast, yang penting setelah suamiku nyicip, eh lha kok ternyata suka ama Cakwe bikinanku, syukur deh ….

Cakwe siap dinikmati

Cara menempelkan adonan cakwe, sebelum diulur menjadi tipis & panjang

Bahan :
500 gr terigu all purpose flour
1 sdm baking powder
2 sdt baking soda
1 sdt yeast
300-350 cc air, ngasihnya sedikit-sedikit waktu uleni, dikira-kira sampai adonan kalis
1 ½ sdt garam
1/2 sdm bawang putih bubuk/cincang
Cara Membuat :
Campur terigu dengan garam dan garlic powder. (A)
Diwadah lain campur baking soda, baking powder dan air. (B)
Larutkan yeast dengan sedikit air. (C)
Ditengah-tengah wadah (A), buat lubang isi dengan campuran (B) setengah, lalu uleni
Masukkan ( C), uleni lagi. Tambah sisa (B) sedikit-sedikit sambil diuleni hingga kalis.
Diamkan 30 menit (tutup serbet/palstik wrap), uleni kembali 5menit, lalu biarkan hingga mengembang hampir 2 kalinya, dengan cara menutup wadah dengan kain bersih, letakkan ditempat hangat, selama minimal 6 jam , tanda sudah cukup mengembang dari adonan elastis mudah ditarik.
Bagi adonan sesuai selera, gilas agak tipis sambil ditaburi terigu, potong persegi empat kira-kira tebalnya 15mm dan lebar 0.75 mm, panjangnya sesuai selera.
Ambil dua potong adonan lalu tempelkan dan tekan dengan menggunakan sumpit/tusuk sate agar menempel satu sama lain, lalu tarik panjang adonan kira-kira 20 cm /sesuai selera (jangan sampai putus), hingga diperoleh adonan panjang dan tipis, lalu goreng dalam minyak banyak dan panas, bolak-balik hingga cakwe mengembang dan kecoklatan warnanya. Angkat . Sajikan dengan Sambal botol atau sebagai pelengkap bubur ayam.

Note :
Yang harus diperhatikan dalam pembuatan cakwe :
Bila yeast yang dipergunakan tidak benar-benar baru, maka penggunaan yeast dilipat gandakan menjadi 3 kali lipatnya dan waktu pengembangan lebih dari 6 jam, karena semakin lama didiamkan adonan akan mengembang menjadi lebih baik.
Cara penggorengan yang benar juga mempengaruhi berhasil tidaknya pembuatan cakwe.


Labels: