Monday, May 7, 2007

CROISSANT oh CROISSANT

Ngelihat croissant segini banyak, bingung juga makannya gimana….jadi inget keluarga & temen2 yang semuanya pada jauh……..coba ya kalo deket..hiks hiks, ceritanya kemaren sore, kita kedatangan tamu, temen suamiku namanya Bill, dia bawain kami satu kardus besar croissant, beratnya aku lihat sekitar 8,5 kg an deh, wadouuuuh….orang sini (USA) nih kalo ngasih nggak kira-kira deh, lha wong kami cuma berdua, si croissantnya 8,5 kilo, padahal freezerku udah penuh ama persediaan makanan harian, langsung aja sepulangnya dia, aku bagi-bagi dan kirim ke tetangga terdekat, sisanya aku masukkin plastik Ziploc ama kotak plastik yang lain, dan tadi sebagian sudah di bagi ke mertua. Wah alamat tiap hari sarapan croissant mulu nih…..…..ya. gimana lagi, namanya rejeki, mesti disyukuri. Ternyata setelah dioven dan dinikmati...rasanya uenak, thanks Bill..nggak rugi dah, siapa tahu lho kalo temen-temen ada pesta dan males masak beli yang frozen kayak gitu tuh, selain gampang masaknya, enak rasanya, ukurannya juga nggak terlalu besar....lho lha kok aku jadi promosi croissant ki piye.... Sebelum abis aku photo dulu dah si croissant yang masih tersisa dirumah

kardus croissant frozen dough


Adonan croissant dingin yang masih tersisa ditumah

Croissant siap dinikmati dengan isian :
- vegetable mix mayonnaise
- cheese/keju
- tuna dan ham (bikinan mertua)
untuk resep tuna aku pake resep seperti isian tuna burger di postingan sebelumnya
untuk vegetable mix mayonnaise, aku campur aja baby carrot/wortet diiris korek api,paprika hijau,onion dan mayonnaise
untuk Ham bikinan mertua, aku nggak ngerti cara bikinnya, pokoknya mertuaku tuh selalu ngirim ini, kalo udah habis, kirim lagi....pokoknya kirim terusss.

Untuk croissant, kalo temen2 pengen bikin sendiri, ini aku ada resepnya, cuma aku belum praktekin, jadi untuk hasilnya aku sendiri belum tahu, soalnya kebetulan belum praktek, udah dapet kiriman yang siap pakai...resep ini aku ambil dari buku tentang bread yang dikirim mertua bulan yang lalu. Kalo jaman dulu ....., nyokapku juga pernah bikin, seingatku waktu aku tanya itu apa.... kayaknya beliau pakai korvets atau kurvet (seperti butter khusus, banyak kok di Indo), aku sendiri nggak tahu sih...soalnya dulu egp...nggak suka masak sama sekali.

Bahan croissants :
1/2 ounce yeast
1 1/2 cups air hangat
4 cups bread flour
1 sdt garam
1 cup butter, dilelehkan dan biarkan di suhu ruangan
1 telur, kocok lepas

Cara Membuat :
Campur yeast dengan air hangat, biarkan 3-4 minute, lalu diaduk hingga yeast/ragi larut
Campur bread flour dan garam tambahkan larutan yeast/ragi, uleni kira-kira 10 minute hingga adonan elastis, tutup wadah berisi adonan ini sepanjang malam.
Gilas adonan sambil diberi butter dan biarkan selama 10 minutes. ulangi lagi dengan cara yang sama diberi butter, lalu dilipat. ulangi proses tersebut selama 6 kali, setelah selesai diamkan dilemari es beberapa saat. Setelah itu digilas lagi, sebelum digilas, alasi tempat untuk menggilas dengan tepung supaya tidak lengket. Gilas hingga tipis, lebar 12 inch dan panjang 24 inch. Potong menjadi beberapa segitiga. Gulung/lipat dari ujung ke ujung hingga berbentuk croissant. Biarkan lagi selama 30 minute hingga mengembang. Olesi bagian atas croisant dengan telur kocok, panggang pada suhu 400F selama 15-20 minute. Biarkan sebentar di dalam oven sebelum diangkat. Sajikan.

Labels: